Resep Pecel Lele

Hai sobat, kali ini kita akan memasak masakan yang sering kita jumpai saat kita berkendara di malam hari. 
Kita akan memasak Pecel Lele, ada yang belum tahu? wah kebangetan deh kalau ada yang belum tahu. Masakan ini kan uda dijual di sepanjang tepian jalan negara kita, setidaknya kemana aja pasti ketemu menu yang satu ini . Sebelum memasak sebaiknya sobat tahu apa-apa yang terkandung di dalam masakan ini, biar kalau makan nanti tak ragu-ragu. Ini hasil riset yang dilakukan para ahli untuk Resep Masakan Pecel Lele:

Berdasarkan hasil penelitian,lele memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi.dalam 500 gram lele dumbo (kira-kira terdiri dari 4 ekor)mengandung 12 gram protein,energi 149 kalori,lemak 8,4 gram dan karbohidrat 6,4 gram.
Makanan yang merupakan “sumber yang sangat baik” dari nutrisi tertentu menyediakan 20% atau lebih dari nilai harian yang dianjurkan, berdasarkan Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) .
Ketika dimasak (panas kering), lele liar memberikan 0,333 gram omega-3 asam lemak, berasal dari EPA (0.1g), DHA (0.137g), dan ALA (0.096g), per 100 gram ikan lele liar. Ketika dimasak (panas kering), lele budidaya memberikan 0,259 gram omega-3 asam lemak, berasal dari EPA (0.049g), DHA (0,128), dan ALA (0.082g), per 100 gram ikan lele budidaya.
Keunggulan ikan lele dibandingkan dengan produk hewani lainnya adalah kaya akan Leusin dan Lisin. Leusin (C6H13NO2) merupakan asam amino esensial yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan anak-anak dan menjaga keseimbangan nitrogen. Leusin juga berguna untuk perombakan dan pembentukan protein otot (Wikipedia, 2008).

Lisin merupakan salah satu dari 9 asam amino esensial yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringnan. Lisin termasuk asam amino yang sangat penting dan dibutuhkan sekali dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Pasalnya, asam amino ini sangat berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang pada anak, membantu penyerapan kalsium dan menjaga keseimbangan nitrogen dalam tubuh, dan memelihara masa tubuh anak agar tidak terlalu berlemak. Lisin juga dibutuhkan untuk menghasilkan antibody, hormone, enzim, dan pembentukan kolagen, disamping perbaikan jaringan. Tak kalah pentingnya, lisin bisa melindungi anak dari cold sore dan virus herpes (Wikipedia, 2008) . Setelah kita mengetahui manfaat dari Ikan Lele berikut ini adalah Resep Pecel Lele.

Bahan:
10 ekor lele ukuran sedang
Bumbu perendam:
1 sdm ketumbar, haluskan
5 siung bawang putih, haluskan
1 sdt garam halus
2 sdm air jeruk nipis
2 cm kunyit, bakar, haluskan
300 ml air
Minyak untuk menggoreng


Sambal (goreng):
7 buah cabai merah keriting
10 buah cabai rawit
2 buah tomat
5 siung bawang putih
4 butir bawang merah
4 buah kemiri
1 sdt air jeruk limau/nipis
1 sdt garam halus


Pelengkap:
60 gram mentimun, potong-potong
50 gram daun kemangi
2 buah tomat, potong-potong

Cara membuat
Bersihkan lele, aduk bersama bumbu perendam, diamkan selama 15 menit.
Goreng lele dalam miyak banyak dengan api sedang hingga matang dan kering. Angkat, tiriskan.
Sambal: uleg bahan sambal yang sudah digoreng, beri perasan air jeruk limau dan garam. Sajikan bersama lele goreng dan lalapan pelengkap.

Agar lele semakin terasa gurih, dalam resep pecel lele anda dapat menambahkan penggunaan bawang putih. Rendam lele dalam bumbu selama beberapa saat agar bumbu meresap. Saat menyajikan jangan lupa sertakan lalapan segar sebagai pendamping.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Pecel Lele"

Post a Comment