Hidangan Khas Pernikahan di Berbagai Negara



Hidangan yang disajikan ketika melangsungkan lamaran. Kalau di Indonesia, yang biasa dikenal sebagai hidangan khas pernikahan adalah roti buaya asal Jakarta. Namun, apakah Anda tahu bahwa ternyata di luar negeri pun, setiap negara punya hidangan khas pernikahan selain si white wedding cake dengan multiple layers yang sangat mewah itu. Penasaran apa saja kue atau hidangan khas pernikahan di negara lain? Berikut ini list-nya.

Roti Buaya - Indonesia

Seperti yang telah dibicarakan sebelumnya, Indonesia memiliki kue khas pernikahan yang memang telah dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia. Kue khas pernikahan tersebut disebut roti buaya yang berasal dari adat Betawi. Pada dasarnya, roti buaya dibuat dengan bahan-bahan yang sama layaknya ketika Anda membuat kue biasa yaitu terigu, gula pasir, margarin, garam, ragi, susu dan telur. Roti buaya biasanya panjangnya sekitar 50 cm, namun kini ukuran tersebut dapat divariasikan dan dapat diberikan variasi rasa isian (filling) seperti coklat, stroberi, dan masih banyak lagi.

Roti buaya menjadi hidangan khas pernikahan karena 'buaya' menyimbolkan kesetiaan dalam pernikahan, karena buaya memiliki kebiasaan hanya kawin sekali seumur hidup. Sedangkan 'roti' menyimbolkan kemapanan ekononomi dalam keluarga.

Foy Thong - Thailand

Jika Indonesia memiliki roti buaya sebagai salah satu hidangan khas pernikahan yang dapat ditemukan di hampir semua pernikahan dengan adat Betawi, Thailand mempunyai foy thong. Foy thong adalah hidangan istimewa di hari pernikahan yang biasanya dijadikan hidangan untuk pencuci mulut. Hidangan tersebut terbuat dari kuning telur dan sirup gula.

Foy thong telah menjadi hidangan yang wajib ada di hari pernikahan sejak masa Thailand Kuno karena foy thong memiliki arti benang-benang sutera emas. Dan dipercaya bahwa benang-benang panjang berwarna keemasan tersebut merupakan lambang cinta yang abadi antara pengantin laki-laki dan wanita dalam kehidupan setelah pernikahan mereka.

Tang Yuan - Cina

Ada juga kue khas pernikahan asal China. Kue pernikahan tersebut bernama tangyuan. Tangyuan terlihat seperti sup bola nasi dengan rasa manis. Hidangan tersebut terbuat dari tepung beras yang kemudian digumpalkan sehingga berbentuk seperti bola-bola. Biasanya, Tangyuan dimakan bersamaan dengan pangsit atau yang dalam kerap disebut dengan julukan "Yuanxiao". Hidangan ini sering hadir di acara pernikahan karena hidangan tersebut memiliki simbol dimana pasangan pengantin akan menjalani hari-hari yang manis dan bahagia dalam kehidupannya.

Bem Casados - Brazil

Bem casados adalah hidangan khas pernikahan di Brazil yang menjadi salah satu bagian yang penting ketika ada pesta pernikahan. Bem casados sangat mirip dengan kue bolu yang diberi krim manis, saus karamel, ataupun selai buah. Namun, kue yang berbentuk bulat tersebut memiliki diameter yang tidak lebih besar dari 6 cm atau 7 cm. Kue biasanya dihias dengan kelopak bunga atau pita dan dihidangkan untuk para tamu yang hadir pada pesta pernikahan.

Terkadang, hidangan pernikahan ini juga sering kali disajikan untuk waktu luang. Apalagi jika dihidangkan bersamaan dengan es krim dan buah-buahan segar.

Jordan Almond - Yunani

Last but not least, ada hidangan khas pernikahan yang tidak kalah menarik dan lezat dari Yunani. Yunani memiliki hidangan khas pernikahan yang bernama jordan almond. Jordan almond atau yang juga sering dijulukki dengan julukkan "Dragee" merupakan kacang almond yang dibalut gula warna-warni seperti permen MnM's. Jordan almond terbuat dari kacang almond yang segar dan rasanya pahit sebagai simbol kesabaran di awal pernikahan, sedangkan rasa manis dari balutan gula menyimbolkan kehidupan pasangan pengantin akan manis, semanis gula.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hidangan Khas Pernikahan di Berbagai Negara"

Post a Comment